11 Material Bangunan Yang Penting Kamu Ketahui

Hampir semua dari kita ingin memiliki rumah sendiri. Biayanya yang besar dan lamanya waktu untuk mewujudkannya tidak menghalangi kita untuk berusaha memilikinya. Maka dari itu kita wajib mengenal berbagai macam material bangunan supaya nanti kita memiliki sedikit gambaran bagaimana cara memilih rumah yang dibangun dengan material yang baik.

Berikut ini paling tidak 11 material bangunan yang penting untuk kita ketahui.

 

Besi beton

Besi beton umum dipakai sebagai rangka konstruksi bangunan karena sifatnya yang keras dan kokoh. Material ini juga tersedia dalam berbagai ukuran mulai diameter 10 sampai 50an milimeter. Jenis permukaannya ada 2 macam yaitu polos dan yang berulir. Besi beton biasanya tersedia dalam bentuk lonjoran 12 meter sehingga untuk pemakaian harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Untuk diameter kecil bisa menggunakan alat potong besi manual, sedangkan yang berukuran besar harus menggunakan bar cutter bertenaga mesin. Untuk membengkokkan besi beton biasanya orang menggunakan mesin bar bender. Rangka besi beton kemudian diisi adonan semen dan pasir.

 

Pasir

Pasir juga tidak kalah penting peranannya dalam konstruksi bangunan. Salah satunya ialah sebagai kombinasi semen. Pasir yang ideal berwujud butiran tajam sehingga menambah kekokohan fungsinya sebagai perekat bata maupun sebagai pondasi. Kamu dapat menguji pasir dengan menggenggamnya. Jika tergumpal maka kualitasnya bisa dibilang kurang baik. Pengamatan visual juga bisa dilakukan. Jika kandungan lumpurnya terlalu banyak (lebih dari 5%) maka tidak disarankan untuk dipilih.

 

Semen

Semen diperlukan untuk merekatkan batu-bata untuk membentuk dinding yang kokoh. Selain itu semen juga digunakan untuk merekatkan lantai keramik. Untuk campuran semen terbaik diperlukan perbandingan yang ideal antara air dan semen agar dapat menjadi perekat yang baik.

 

Batu bata

Material ini termasuk material yang biasanya kita lihat di tahap awal proyek pembangunan rumah. Alternatif batu bata yang tersedia saat ini ialah batako. Harga batu bata lebih murah daripada batako namun memerlukan semen dan pasir lebih banyak untuk merekatkannya. Selain itu ukuran batu bata lebih kecil daripada batako sehingga dibutuhkan lebih banyak batu bata untuk 1 meter persegi bila dibandingkan dengan batako.

 

Kayu

Kayu juga tidak kalah populer sebagai rangka rumah. Ada bermacam-macam jenis kayu yang dapat digunakan untuk membangun rumah namun yang terkenal ialah kayu kamper Rasamala atau kamper Samarinda. Jika kayu ini tidak tersedia dapat menggunakan alternatif lain dengan kriteria kandungan airnya tidak lebih dari 20% agar kayu tidak mudah lapuk. Kriteria ini dapat dicapai dengan proses pengovenan.

 

Genteng

Bahan bangunan satu ini sangat penting untuk melindungi penghuni di dalamnya dari panas dan hujan. Umumnya genteng terbuat dari tanah liat yang tahan dan kokoh serta tidak mudah terpengaruh efek negatif pergantian cuaca. Banyak rumah yang menggunakan genteng yang sama selama puluhan tahun karena kekuatan bahannya.

 

Paku

Paku memiliki peranan yang sangat penting untuk merekatkan kayu dan tripleks. Material ini juga sering digunakan untuk memandu pemasangan material lantai seperti keramik atau granit agar lurus.

 

Tripleks

Tripleks berarti papan 3 lapis. Umumnya digunakan untuk menutup langit-langit sehingga membentuk plafon yang menjadi batas antara ruangan dan atap. Dengan adanya plafon maka pipa dan kabel yang berseliweran tidak akan terlihat. Tripleks biasanya dicat senada dengan dinding atau diberi ukiran untuk menambah keindahan ruangan.

 

Cat

Pemilihan cat yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Ada orang-orang yang dengan mudahnya akan menemukan kombinasi warna cat yang cocok namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Bagi yang kesulitan memadu padankan warna dapat menggunakan bantuan color chart / bagan warna serta mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar pemilihan warna. Waktu yang kamu sediakan tentu tidak akan sia-sia ketika rumah idaman terlihat bagus dari luar dan terasa nyaman di dalam.

 

Keramik

Salah satu alternatif favorit untuk lantai ialah ubin keramik. Kebersihannya menjadi keunggulan yang sulit ditolak. Selain itu harganya terjangkau dan banyak ragam yang bisa diperoleh. Secara umum tersedia pilihan keramik polos atau bercorak.

 

Pipa

Pipa sangat diperlukan untuk menyalurkan air bersih dan kotor. Air bersih dialirkan ke dalam rumah seperti dapur, kamar mandi, untuk mencuci pakaian dan sebagainya. Air kotor dialirkan ke luar rumah untuk dibuang. Penempatan pipa juga harus diperhitungkan agar air bersih dan kotor tidak saling bercampur.

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top
Open chat
Chat WA