Concrete Pump – Alat Pompa Adonan Beton yang Efisien

Beberapa puluh tahun yang lalu, tenaga manusia menjadi pilihan utama untuk melakukan berbagai pekerjaan termasuk dalam proyek-proyek pembangunan. Tetapi kini telah tersedia berbagai alat bantu yang dapat mempercepat pelaksanaan proyek pembangunan. Pekerjaan-pekerjaan berat seperti pengecoran, tak lagi semata-mata mengandalkan tenaga manusia. Salah satu alat bantu dalam pekerjaan pengecoran adalah concrete pump atau alat pompa adonan beton segar.

Concrete pump adalah alat bantu yang dirancang secara khusus untuk menyalurkan adonan beton segar ke tempat pengecoran. Alat pompa adonan beton ini sangat membantu dalam proses pembangunan struktur beton bertulang seperti pada bangunan-bangunan bertingkat. Penggunaan alat bantu ini mampu mempercepat pekerjaan-pekerjaan pengecoran.

Jenis-jenis Concrete Pump

Saat ini ada beberapa jenis concrete pump atau alat pompa adonan beton. Dalam proses pembangunan, perlu diperhatikan pemilihan jenis alat pompa adonan beton yang sesuai dengan kebutuhan agar alat pompa adonan beton bisa berfungsi dengan optimal. Berikut ini jenis-jenis alat pompa adonan beton atau concrete pump.

  • Alat pompa adonan beton longboom atau concrete pump longboom

Alat pompa adonan beton jenis ini cocok dipakai untuk pekerjaan konstruksi bangunan bertingkat 4 dan bangunan-bangunan dengan ketinggian di atas 20 meter. Alat pompa beton ini dilengkapi dengan belalai sepanjang 27 meter. Alat pompa beton ini berfungsi menaikan adonan cor beton jadi dari truk mixer ke titik pengecoran. Concrete pump longboom ini berada di atas sebuah truk dengan ukuran panjang kendaraan 12 meter dan lebar kendaraan 2.8 meter. Karena itu, harus dipastikan tersedia jalan yang cukup lebar untuk dilalui oleh kendaraan yang dilengkapi dengan alat pompa beton longboom.

  • Alat pompa beton super longboom atau concrete pump super longboom

Fungsi alat pompa beton super longboom ini tak jauh berbeda dengan alat pompa beton longboom. Perbedaannya hanya terletak pada panjang belalainya saja. Alat pompa beton super longboom memiliki panjang belalai 32 meter hingga 36 meter. Dengan belalai yang lebih panjang, alat pompa beton ini cocok digunakan untuk pengerjaan konstruksi bangunan bertingkat 5 atau 6.

  • Alat pompa beton master longboom atau concrete pump master longboom

Sementara itu untuk konstruksi bangunan yang lebih tinggi telah tersedia alat pompa beton master longboom. Alat pompa beton ini mampu mengirimkan adonan beton segar ke bangunan dengan konstruksi sampai dengan 8 lantai. Alat pompa beton ini memiliki panjang belalai 46 meter. Sedangkan untuk ukuran kendaraannya sama dengan ukuran kendaraan alat pompa beton longboom dan alat pompa beton super longboom yakni panjang kendaraan 12 meter dan lebar kendaraan 2,8 meter.

  • Alat pompa beton standar atau standard concrete pump

Jenis alat pompa beton ini merupakan jenis alat pompa beton yang paling banyak dipakai di berbagai proyek konstruksi. Concrete pump ini bisa menjangkau tempat-tempat yang cukup sempit dengan ukuran panjang kendaraan 8,2 meter dan lebar kendaraan 2,8 meter. Standard concrete pump ini memiliki panjang belalai 18 meter hingga 21 meter sehingga bisa menjangkau konstruksi bangunan yang cukup tinggi.

  • Alat pompa beton mini atau mini concrete pump

Alat pompa beton ini berukuran mini seperti namanya. Panjang belalai concrete pump ini paling pendek di antara alat-alat pompa beton yang memiliki belalai. Alat pompa beton ini panjang belalainya sekitar 9 meter hingga 12 meter. Sedangkan kendaraan yang membawa alat pompa beton ini berukuran panjang 7 meter dan lebar 2,4 meter. Karena itu, alat pompa beton ini cocok digunakan untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit dicapai kendaraan-kendaraan berukuran besar.

  • Alat pompa beton kodok atau portable concrete pump

Jika jenis-jenis alat pompa beton lainnya tak bisa menjangkau titik pengecoran, maka jenis alat pompa beton kodok ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Portable concrete pump ini memiliki jangkauan horizontal 120 meter hingga 170 meter. Alat pompa beton ini bisa dipindahkan dengan ditarik menggunakan kendaraan lain atau kendaraan khusus yang dirancang untuk mengangkut alat pompa beton tersebut. Sementara itu untuk menjangkau tempat yang tinggi, alat pompa beton kodok ini bisa dipasangi dengan pipa vertikal menyesuaikan dengan lokasi pengecoran beton.

Dengan beragam jenis alat pompa beton yang tersedia saat ini, para kontraktor bisa memilih alat pompa beton yang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan alat bantu yang satu ini memang tak bisa lagi dihindari karena menawarkan sejumlah keuntungan. Concrete pump mampu memompa adonan beton segar secara terus menerus sehingga mempercepat proses pengecoran beton. Alat pompa beton segar ini juga bisa digunakan untuk proyek konstruksi berskala besar maupun kecil. Concrete pump bisa mentransfer adonan beton segar secara vertikal maupun horizontal sehingga menjangkau tempat-tempat sulit sekalipun.

Alat pompa beton segar atau concrete pump semakin mudah ditemukan. Tak harus membeli, para kontraktor yang membutuhkannya bisa menyewa selama jangka waktu tertentu. Namun jika ingin lebih berhemat, memiliki alat bantu ini bisa menjadi investasi yang berharga untuk jangka waktu yang panjang. Sebab pada semua konstruksi beton, concrete pump ini pasti dibutuhkan. Concrete pump membuat pekerjaan pengecoran beton menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan.

Summary
Macam-macam Alat Pompa Adonan Beton untuk Bangunan Tinggi
Article Name
Macam-macam Alat Pompa Adonan Beton untuk Bangunan Tinggi
Description
Concrete pump adalah alat bantu yang dirancang secara khusus untuk menyalurkan adonan beton segar ke tempat pengecoran. Alat pompa adonan beton ini sangat membantu dalam proses pembangunan struktur beton bertulang seperti pada bangunan-bangunan tinggi dan bertingkat.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top