Jurus Hemat Biaya Dengan Memilih dan Merawat Lift Barang Secara Tepat

Bangunan vertikal baik sebagai hunian maupun pusat bisnis sudah menjadi hal yang umum didapati terutama di kota-kota besar. Bangunan vertikal menjadi solusi mengatasi minimnya lahan untuk pendirian bangunan dan melonjaknya harga tanah. Bangunan vertikal menawarkan sensasi yang berbeda, mulai dari panorama indah dari ketinggian, rendahnya tingkat kebisingan dan juga lingkungan yang relatif aman.

Namun tak bisa dipungkiri, bangunan vertikal menyisakan masalah sendiri khususnya untuk pemindahan barang dari lantai bawah ke lantai atas dan sebaliknya. Untuk masalah yang satu ini, teknologi modern memang telah menawarkan lift barang yang akan memudahkan lalu lintas barang-barang untuk bangunan vertikal. Masalah yang selanjutnya muncul adalah yang berkaitan dengan pemilihan lift barang yang tepat mengingat ada begitu banyak produk yang hadir di pasaran saat ini dan juga berkaitan dengan perawatannya.

Memilih Lift Barang Dengan Tepat

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari lift barang ini adalah untuk mengangkut barang. Lift barang tidak dianjurkan untuk dipakai mengangkut manusia karena tingkat keamanannya yang minim. Nah, dalam memilih lift barang, harga tentunya menjadi salah satu pertimbangan. Namun sebaiknya, harga tidak menjadi faktor yang utama dalam menentukan pilihan. Sebab seringkali harga barang yang murah memiliki kualitas yang tidak memuaskan.

Tak ada salahnya memilih harga lift barang yang sebanding dengan kualitasnya yang tidak mengecewakan. Selain harga, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih lift barang.

  • Saat ini kapasitas lift barang sangat bervariasi, mulai dari 500 Kg sampai dengan 3.000 Kg. Bahkan ada pula lift barang yang mempunyai kapasitas hingga 5.000 Kg. Untuk itu, sebaiknya pilihan lift barang dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab tentunya kapasitas lift barang ini juga mempengaruhi harganya.
  • Pilih lift barang dengan tenaga fabrikasi dan instalasi yang benar-benar berpengalaman. Tidak hanya berbekal dari penjelasan yang diberikan oleh penyedia lift barang, lakukan survei kecil-kecilan dengan para kolega yang juga menggunakan lift barang untuk membandingkan antara produsen yang satu dengan produsen yang lain agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Lift barang yang sudah banyak dipakai oleh berbagai perusahaan juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk menjatuhkan pilihan yang tepat.
  • Tingkat keamanan lift barang juga perlu menjadi perhatian meskipun lift ini tidak dipakai untuk mengangkut manusia. Misalnya saja lift barang yang menggunakan multiple wire ropes sehingga relatif lebih aman jika salah satu jalur mengalami kerusakan atau putus.
  • Penggunaan material SNI (Standar Nasional Indonesia) yang kuat dan tahan lama pada komponen-komponen lift barang juga menjadi nilai plus yang patut dipertimbangkan.
  • Perhatikan pula mengenai garansi produk, ketersediaan suku cadang dan kemudahan untuk mendapatkan suku cadang serta layanan penggantiannya.

Pentingnya Merawat Lift Barang

Pernahkah Anda mendengar berita tentang lift yang jatuh? Pemberitaan mengenai lift penumpang yang jatuh selalu saja menarik perhatian media massa. Salah satu penyebab lift jatuh tak lain terkait dengan maintenance atau perbaikan lift. Sama seperti lift penumpang, kejadian yang sama juga bisa terjadi pada lift barang. Jika hal itu terjadi, maka kerugian yang besar pun telah bersiap di depan mata.

Nah, seperti halnya lift penumpang, lift barang juga membutuhkan perawatan yang sama baiknya.  Seringkali pengelola gedung salah dalam memilih pihak ketiga atau perusahaan jasa maintenance lift. Harga jasa yang murah dan dana pengelola gedung yang terbatas kerap kali menjadi pemicunya.

Sebaiknya pilih perusahaan jasa maintenance lift yang tak hanya menawarkan harga murah saja. Pilih perusahaan yang benar-benar ahli dan menjalankan training perawatan lift secara berkesinambungan. Idealnya, maintenance lift dilakukan sebulan sekali sebab ada banyak bagian yang harus dilihat dan diatur lagi. Secara umum, kualitas perawatan lift barang yang baik memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

  • Pastikan perawatan lift barang diawasi dan dikontrol oleh tenaga ahli yang ditunjuk atau diakui oleh pabrikan lift barang. Sebab tenaga ahli seperti ini biasanya selalu mendapatkan training dan selalu memperbaharui sistemnya.
  • Pastikan pula perawatan lift barang dilakukan dengan peralatan yang tepat dan memadai sesuai dengan teknologi yang dipakai pada lift barang yang dirawat.
  • Perhatikan mengenai jadwal perawatan. Perawatan lift barang sebaiknya dikerjakan sesuai dengan standar perusahaan yang memproduksi lift barang tersebut.
  • Cermati pula mengenai sistem pergantian sparepart yang sesuai dengan waktunya atau dikenal dengan istilah preventive maintenance.
  • Sebaiknya pilihlah agen atau pihak yang ditunjuk secara resmi oleh perusahaan produsen lift barang untuk merawat lift secara rutin.

Dengan memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pemilihan dan perawatan lift barang ini, maka para pengguna lift barang bisa menghemat biaya yang cukup besar. Kerusakan-kerusakan yang berat bisa dicegah berkat perawatan rutin yang dilakukan dan kejadian lift barang jatuh pun bisa dihindari semaksimal mungkin.

Summary
Memilih Lift Barang yang Tepat
Article Name
Memilih Lift Barang yang Tepat
Description
Dalam memilih lift barang, harga tentunya menjadi salah satu pertimbangan. Namun sebaiknya, harga tidak menjadi faktor yang utama dalam menentukan pilihan. Sebab seringkali harga barang yang murah memiliki kualitas yang tidak memuaskan.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top