Lantai Beton, Solusi Hemat Hunian Gaya Desain Interior Kontemporer

Dalam pemilihan material bangunan ada berbagai aspek yang wajib dipertimbangkan, diantaranya aspek fungsi, keindahan, kenyamanan, tempat pemasangan dan sifat dasar material. Material yang berkualitas membuat bangunan tidak harus sering direnovasi.  Khususnya untuk material lantai, saat ini tersedia berbagai pilihan mulai dari kayu, beton, batu, ubin porselen, keramik dan beberapa material lainnya. Nah, di antara sederet material lantai tersebut, lantai beton saat ini menjadi pilihan favorit.

Keunggulan Lantai Beton

Mengapa saat ini lantai beton menjadi tren? Lantai beton menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki material lainnya. Lantai beton menawarkan penampilan yang keras, maskulin dan sekaligus modern. Karena itu, lantai beton sangat cocok untuk gaya desain interior kontemporer. Berikut ini 5 keunggulan lantai beton yang wajib Anda ketahui.

  1. Tahan lama

Material beton sudah dikenal sebagai material yang kuat dan tahan lama. Beton bahkan mampu bertahan sampai ratusan tahun. Jika digunakan untuk lantai, maka Anda tak perlu lagi sering-sering melakukan renovasi.  Tentu hal ini akan menghemat pengeluaran Anda, bukan?

  1. Ramah lingkungan

Keunggulan lantai beton yang tahan lama, membuat Anda tak perlu melakukan renovasi atau mengganti lantai. Ini artinya Anda sudah turut serta menyelamatkan lingkungan. Kegiatan membongkar lantai dan membangun lantai mau tak mau pastilah menghasilkan sisa-sisa material yang mengotori lingkungan. Dengan tidak melakukan renovasi, maka lingkungan di sekitar tetap bersih. Anda pun sudah berpartisipasi mengurangi penggunaan material baru yang diambil dari alam.

  1. Perawatan yang mudah

Lantai beton terbilang mudah dalam perawatannya. Lantai beton cukup dibersihkan dengan cara dipel seminggu sekali saja. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perawatan.

  1. Kaya variasi

Menggunakan lantai beton bukan berarti hanya satu tampilan saja yang bisa diperoleh. Lantai beton sesungguhnya bisa divariasikan dengan menerapkan finishing yang berbeda. Misalnya saja untuk kesan rustic, gunakan finishing matte. Jika ingin lantai beton terlihat berbeda, tambahkan warna sesuai gaya interior yang diinginkan. Sedangkan untuk mendapatkan kesan modern, lakukan finishing dengan sealer akrilik agar terlihat efek wet look.

  1. Fleksibel

Lantai beton tidak hanya bisa diterapkan di luar rumah saja tetapi juga di dalam rumah. Jika ingin tampilan yang berbeda, gunakanlah pelapis berbasis silikon untuk lantai luar.

 

Cara Pembuatan Lantai Beton

Cara pembuatan lantai beton memang sedikit berbeda dengan pembuatan lantai dari material lainnya. Sebab masing-masing material memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut cara pembuatan lantai beton dari awal hingga akhir.

  1. Pada pekerjaan awal ini, urug area lantai dengan menggunakan pasir. Pastikan pasir yang digunakan telah bersih dari sampah dan kotoran. Pasir yang digunakan untuk urug bukanlah pasir halus melainkan pasir kasar. Adapun ketebalan ideal urugan pasir ini sekitar 20cm.
  2. Selanjutnya siapkan campuran beton. Adapun komposisi campuran beton terdiri dari semen, pasir dan kerikil dengan perbandingan 1:3:6.
  3. Jika area lantai dan campuran beton sudah disiapkan, selanjutnya pengecoran bisa dilakukan secara serentak atau terus menerus. Jika area lantai terbilang luas, sebaiknya pengecoran dikerjakan dengan membagi area menjadi kotak-kotak kecil. Tujuannya agar pelaksanaan pengecoran lebih mudah dilakukan, begitu pula dengan perawatannya.
  4. Bila pengecoran telah selesai dilakukan dan permukaan lantai ingin diplester, maka beri plester setipis mungkin. Pastikan pekerjaan pemberian plester ini dilakukan saat lantai beton dalam keadaan basah supaya plester tidak terpisah. Sementara itu jika lantai tidak diplester, sebaiknya permukaannya dihaluskan selagi lantai masih dalam keadaan basah.
  5. Sesudah itu jangan lupa untuk melakukan langkah curing beton. Pada tahapan ini permukaan lantai beton harus dibasahi dengan air atau digenangi air selama kurang lebih 7 hari. Curing beton ini tak boleh terlewatkan supaya lantai beton tidak retak atau pecah dan mencapai kekuatan yang maksimal.

Nah, dari gambaran mengenai lantai beton ini, apakah Anda tertarik untuk membuat lantai beton? Lantai beton memiliki tampilan yang jujur, sederhana namun kokoh. Lantai beton cocok dipadukan dengan perabotan minimalis atau tanpa ukiran untuk menghadirkan gaya kontemporer atau industrial. Dengan finishing yang tepat, lantai beton tak kalah cantik dengan lantai keramik maupun marmer.

Summary
Lantai Beton, Solusi Hemat Hunian Gaya Desain Interior Kontemporer
Article Name
Lantai Beton, Solusi Hemat Hunian Gaya Desain Interior Kontemporer
Description
Mengapa saat ini lantai beton menjadi tren? Lantai beton menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki material lainnya. Lantai beton menawarkan penampilan yang keras, maskulin dan sekaligus modern. Karena itu, lantai beton sangat cocok untuk gaya desain interior kontemporer. Berikut ini 5 keunggulan lantai beton yang wajib Anda ketahui.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top