Cepat dan Rapi, Mesin Trowel Solusi Perata Cor Masa Kini

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak pekerjaan-pekerjaan konstruksi bangunan yang bisa dikerjakan lebih efisien dengan bantuan mesin-mesin. Jika dulu hanya mengandalkan tenaga manusia sehingga membutuhkan waktu pengerjaan yang lama, maka kini kehadiran mesin-mesin membuat pekerjaan-pekerjaan konstruksi bangunan menjadi lebih cepat. Salah satu mesin yang memiliki andil cukup besar dalam mempermudah pekerjaan konstruksi bangunan adalah mesin trowel.

Pekerjaan Lebih Cepat dan Rapi

Mesin trowel adalah mesin yang dirancang secara khusus untuk meratakan sekaligus menghaluskan permukaan beton khususnya yang masih berada dalam proses pengerasan. Mesin ini memiliki diameter sekitar 880mm. Pada bagian dasarnya terdapat beberapa daun dari bahan pelat baja yang bisa berputar. Daun atau blade trowel ini dilengkapi pula dengan sangkar atau pelindung disekelilingnya untuk keamanan saat digunakan. Mesin ini juga memiliki pengaturan sudut kemiringan blade trowel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau area kerja pembangunan konstruksi.

Fungsi mesin trowel ini tak lain untuk menghaluskan atau meratakan permukaan beton. Selain pada permukaan beton, mesin ini juga bisa dipakai untuk menghaluskan permukaan batuan keras atau jenis lantai andhesit.

Lantas kapan mesin trowel ini digunakan? Mesin trowel ini dipakai ketika pengecoran dilakukan sesudah beton segar dituangkan. Pada saat inilah mesin trowel dipakai untuk meratakan permukaan beton sesuai dengan ketebalan yang diinginkan.

Jika dibandingkan dengan proses penghalusan permukaan beton dengan menggunakan tangan, penggunaan mesin trowel ini mampu menghasilkan permukaan beton yang lebih kuat, awet, dan rapi. Khususnya untuk area-area yang luas seperti area parkir, gudang, dan pabrik, penggunaan mesin trowel ini akan menghemat tenaga kerja dan juga waktu pengerjaan. Blade trowel pada mesin trowel memiliki kecepatan hingga 100 rpm sehingga membuat proses pengerjaan perataan permukaan lantai cor menjadi lebih cepat.

Pentingnya Perataan Permukaan Lantai Cor

Perataan atau penghalusan lantai cor tidak hanya demi mendapatkan tampilan permukaan lantai yang rapi saja. Lebih dari itu perataan lantai cor memiliki tujuan penting lainnya. Perataan permukaan lantai cor dapat mencegah terjadinya rongga udara pada lantai atau saat pemasangan ubin karena hasil cor yang kurang penuh dan kurang rata. Adanya rongga udara ini membuat lantai menjadi rapuh dan tidak tahan lama. Terlebih saat harus menahan beban berat dipermukaannya, permukaan lantai cor yang tidak padat akan memudahkan munculnya kerusakan.

Tahapan perataan atau penghalusan lantai cor memang menuntut kecermatan agar diperoleh hasil yang benar-benar rata. Permukaan yang tidak rata tentunya akan membuat tampilan lantai menjadi tidak bagus. Penggunaan material pun menjadi lebih boros karena ada bagian-bagian yang lebih tebal dan sebaliknya ada area-area yang lebih tipis lapisannya. Dalam kondisi ini penggunaan mesin trowel menjadi begitu penting untuk mengontrol pemakaian bahan sehingga menjadi lebih hemat.

Tahapan perataan atau penghalusan permukaan cor ini juga perlu dilakukan dengan teliti untuk menghindari permukaan yang bergelombang. Permukaan yang bergelombang muncul karena ketebalan lapisan yang berbeda-beda. Permukaan yang bergelombang akan terlihat jelas terutama pada area yang luas seperti pada pembangunan pabrik atau gudang.

Lagi-lagi penggunaan mesin trowel bisa menjadi solusi untuk mendapatkan permukaan cor yang rata seluruhnya dan tanpa gelombang. Kestabilan gerak mesin dan kecepatan mesin membuat tahap perataan mampu menghasilkan permukaan yang benar-benar rata. Mesin trowel ini menjadi solusi untuk pembangunan konstruksi khususnya untuk mendapatkan permukaan cor yang rata, halus, kuat dan berkualitas.

Summary
Mesin Trowel Perata Cor
Article Name
Mesin Trowel Perata Cor
Description
Fungsi mesin trowel ini tak lain untuk menghaluskan atau meratakan permukaan beton. Selain pada permukaan beton, mesin ini juga bisa dipakai untuk menghaluskan permukaan batuan keras atau jenis lantai andhesit.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top