5 Lift Unik Dengan Teknologi Modern Dari Berbagai Belahan Dunia

Kehidupan manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari seketika berubah ketika Archimedes membangun lift pertama pada tahun 236 SM. Tentu saja bentuk lift tersebut jauh berbeda dari model-model lift masa kini yang sudah mengalami perkembangan pesat. Kala itu konstruksi lift masih menggunakan tali dari rami dan mengandalkan kekuatan dari hewan ataupun manusia.

Selanjutnya pada abad pertengahan, konstruksi lift mengalami perubahan. Di masa-masa ini, lift dirancang sedemikian rupa agar mampu mengangkat batu bara dan kayu. Sedangkan di era modern, inovasi yang dilakukan William Armstrong memang peranan yang sangat penting. William Amstrong yang merupakan seorang ilmuwan dan insinyur, menciptakan sistem hidrolik yang kemudian menjadi bagian dari semua lift modern.

Sementara itu inovasi yang berkaitan keamanan lift terjadi di tahun 1852. Elisha Otis menjadi orang pertama yang memperkenalkan sistem keamanan pada lift. Lantas di tahun 1870, untuk pertama kalinya lift untuk manusia dipasang dan digunakan di Equitable Life Building di New York.

Nah, saat ini teknologi lift semakin berkembang dan menghadirkan lift-lift unik yang membuat siapa saja terkagum-kagum. Berikut ini lift-lift unik dengan teknologi modern dari berbagai belahan dunia.

Jika suatu saat Anda berkunjung ke Kota Stockholm di Swedia, maka Anda wajib datang ke Erricson Globe. Tempat ini merupakan sebuah arena hoki es. Tetapi yang membuatnya menarik dan layak dikunjungi bukanlah arena hoki esnya, melainkan lift yang berbentuk globe. Arena hoki es ini selesai dibangun di tahun 1999 dan kemudian di tahun 2010 bagian atas bangunan yang berbentuk globe ditambahkan dengan lift yang berbentuk globe juga.

Dengan lift unik berbentuk globe tersebut, pengunjung akan dibawa sampai di ketinggian 425 kaki. Selanjutnya dari puncak Erricson Globe, Anda bisa melihat indahnya pemandangan Kota Stockholm. Menarik, bukan?

Sky Tower merupakan sebuah menara observasi dan telekomunikasi yang terdapat di Auckland, New Zealand. Menara ini memiliki ketinggian 1.076 kaki dari permukaan tanah. Bukan pada ketinggiannya saja yang membuat orang ingin berkunjung tetapi juga karena adanya lift yang terbuat dari kaca.

Menara ini dilengkapi dengan 3 lift kaca yang bisa mengangkut sekitar 225 orang. Bagian bawah atau lantai lift ini terbuat dari kaca sehingga penumpang lift merasa seperti melayang di udara saat lift bergerak naik atau turun.

Lift barang memang secara khusus dirancang untuk mengangkat barang. Namun sebagai sebuah lift barang, Falkirk Wheel terbilang unik. Sebab lift ini dibuat untuk mengangkat kapal atau perahu. Lift yang berbentuk seperti roda ini bisa Anda lihat di Skotlandia. Falkirk Wheel disebut-sebut sebagai satu-satunya lift perahu yang berputar.  Falkirk Wheel ini bisa mengangkut 8 atau lebih perahu dengan waktu yang dibutuhkan selama 60 menit. Banyak pengunjung yang datang demi merasakan sensasi berada dalam perahu dan dipindahkan dengan lift ini.

AquaDom adalah sebuah bangunan unik yang terdapat di Berlin, Jerman. AquaDom menghabiskan biaya pembangunan tak kurang dari 12.8  juta Euro dan pertama kali dibuka untuk umum di tahun 2004. Bangunan berbentuk silinder ini memiliki tinggi 25 meter dengan diameter kurang lebih 11 meter dan terbuat dari kaca akuarium acrylic. Dengan ukuran yang begitu besar, akuarium ini menyandang gelar sebagai akuarium terbesar di dunia.

Akuarium raksasa ini berisi sekitar 1 juta liter air dan berisi tak kurang dari 1500 ikan dari 50 spesies ikan yang berbeda. Untuk memberi makan ikan-ikan ini dibutuhkan 8 Kg makanan ikan setiap hari. Sedangkan untuk membersihkan akuarium ini dibutuhkan tenaga penyelam sebanyak 3 sampai 4 orang.

AquaDom semakin mengundang perhatian karena terdapat lift di bagian dalamnya. Lift yang dirancang transparan ini membuat pengunjung bisa merasakan sensasi berada di dalam akuarium, dikelilingi ikan-ikan dan bergerak di dalam air saat menggunakan lift.

Lift yang diberi nama Hammetschwand ini merupakan lift outdoor tertinggi di Eropa. Lift yang dibangun mulai tahun 1903 ini, pertama kali dibuka pada tahun 1905. Lift yang berlokasi di Lucerne, Switzerland ini mampu membawa penumpang sampai di ketinggian 153 meter hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Dengan kecepatan ini, lift Hammetschwand tidak hanya menjadi lift tertinggi di Eropa tetapi juga menyandang rekor sebagai lift tercepat di dunia. Saat sampai di pangkalan puncak Hammetschwand yang berjarak 1132 meter dari permukaan laut, pengunjung bisa melihat indahnya panorama danau dan pengunungan Alpen.

Itulah beberapa lift unik dengan teknologi-teknologi modern yang menunjukkan perkembangan lift yang sangat pesat. Lift tak lagi digunakan sebagai alat bantu untuk memindahkan barang atau manusia, tetapi lebih dari itu. Lift telah menjadi sarana untuk berwisata, ikon suatu tempat dan sekaligus sebagai wujud kecerdasan manusia.

Summary
Lift-lift Unik Di Seluruh Dunia
Article Name
Lift-lift Unik Di Seluruh Dunia
Description
Saat ini teknologi lift semakin berkembang dan menghadirkan lift-lift unik yang membuat siapa saja terkagum-kagum. Berikut ini lift-lift unik dengan teknologi modern dari berbagai belahan dunia.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top