Serba-serbi Alat Pemotong Material

Gunting dan cutter merupakan alat-alat pemotong yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda tipis dan ringan seperti kertas, plastik serta kain dengan mudah bisa dipotong dengan kedua alat tersebut. Sedangkan untuk benda-benda yang berukuran besar, tebal dan keras, tentunya dibutuhkan peralatan yang lebih canggih. Berikut ini beberapa alat berat tercanggih yang mampu memotong benda-benda besar dan keras yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

  • Alat Berat Pemotong Pohon

Alat pemotong pohon yang sudah begitu dikenal adalah gergaji mesin. Kini hadir pilihan lainnya yakni alat berat pemotong pohon yang lebih canggih dan lebih efisien. Alat berat ini disebut feller buncher dengan fungsi utama untuk memotong atau menebang pohon dalam jumlah banyak. Feller buncher memiliki kemampuan memotong dengan kecepatan tinggi. Alat berat ini bekerja dengan cara mencengkeram pohon lalu motong bagian bawah pohon dengan gergaji yang terdapat di bagian bawah alat ini. Tak hanya itu saja, alat berat ini juga mampu mengumpulkan pohon yang sudah dipotong pada lokasi yang sama sehingga sangat memudahkan proses kerja selanjutnya.

  • Alat Berat Pemotong Aspal

Pernahkah Anda membayangkan memotong lapisan aspal atau beton cor? Pasti terbayang betapa repotnya melakukan pekerjaan tersebut. Lapisan aspal dan beton cor begitu keras sehingga pekerjaan ini tentu tak akan semudah seperti menggunting selembar kertas. Pekerjaan yang terbilang sulit ini sekarang sudah menjadi semakin mudah berkat kehadiran alat berat yang dirancang secara khusus untuk memotong aspal dan beton cor.

Alat berat yang bernama concrete cutter ini mampu memotong aspal atau beton cor dengan akurat dan bersih. Dengan alat ini, bagian jalan yang tidak dipotong akan tetap terjaga atau tidak mengalami kerusakan. Selain untuk memotong aspal dan beton cor, alat berat ini juga bisa dipakai untuk memotong keramik dan material-material padat lainnya.

Alat berat concrete cutter ini tersedia dalam beberapa pilihan jenis. Salah satunya jenis concrete cutter yang dilengkapi dengan tangki air yang berfungsi mengurangi debu-debu yang beterbangan saat proses pemotongan dan sekaligus berfungsi sebagai pendingin. Selain tangki air, alat berat ini juga dilengkapi dengan handle putar yang berfungsi untuk mengatur kedalaman pemotongan. Alat berat ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan atau perbaikan jalan dan juga dalam proses pembangunan yang melibatkan beton cor.

  • Alat Berat Pemotong Logam

Berbeda dengan alat-alat berat pemotong sebelumnya, alat berat yang satu ini menggunakan teknologi laser. Teknologi laser digunakan pertama kali pada tahun 1965 untuk melubangi berlian. Selanjutnya pada tahun 1967, orang-orang dari Inggris menjadi pioner penggunaan teknologi laser untuk memotong logam.

Alat berat dengan teknologi laser ini mampu memotong, membuat lubang dengan berbagai bentuk pada lempengan logam. Jenis logam yang bisa diolah dengan alat berat ini pun sangat beragam mulai dari baja, titanium, alumunium, timah, tembaga, kuningan hingga berbagai jenis logam berharga.

  • Alat Berat Pemotong Batu

Batu merupakan salah satu material keras yang cukup sulit untuk dipotong. Khusus untuk memotong batu, tersedia alat berat yang dirancang secara khusus. Alat berat untuk memotong batu ini biasanya dipakai di area pertambangan, tambang batu pualam atau marmer, batu granit, pasir dan material sejenis lainnya. Alat berat untuk memotong batu ini umumnya memiliki ukuran raksasa dengan beberapa bentuk yang berbeda tetapi dengan fungsi yang sama.

  • Alat Berat Pemotong Kain

Kain pada umumnya dipotong dengan menggunakan gunting. Tetapi bagaimana cara memotong kain dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan? Untuk keperluan seperti inilah diciptakan mesin pemotong kain. Biasanya mesin seperti ini dipakai di kalangan industri garmen.

Ada beberapa jenis alat berat untuk memotong kain ini, dua diantaranya adalah straight cutter dan band knife. Straight cutter adalah mesin potong yang memiliki mata pisau berupa lembaran plat baja lurus berukuran 5 inchi sampai dengan 14 inchi. Mata pisau akan bergerak naik dan turun secara otomatis saat digunakan untuk memotong kain yang sudah disusun bertumpuk-tumpuk.

Sedangkan band knife adalah alat potong kain yang memiliki mata pisau pipih yang saling menyambung di kedua ujungnya. Mata pisau dikontrol dengan roda-roda penggerak untuk menjaga lembaran mata pisau tetap tegang saat digunakan untuk memotong. Dengan kedua alat potong kain ini, dalam sekali proses saja setumpuk kain sudah bisa dipotong dengan bentuk yang sama persis.

  • Alat Berat Pemotong Kertas

Mirip dengan alat berat untuk memotong kain, mesin ini dirancang secara khusus untuk memotong tumpukan kertas secara bersamaan dalam satu waktu. Mesin berukuran besar ini biasanya dipakai pada pabrik-pabrik kertas. Hasilnya berupa tumpukan kertas dengan ukuran tertentu, misalnya saja kertas berukuran A4.

Nah, itulah beberapa alat hasil perkembangan teknologi yang digunakan untuk memotong berbagai material keras, berat dan berukuran besar. Pekerjaan potong-memotong yang biasanya berat dilakukan, kini nyaris semudah memotong kertas.

Summary
Alat Berat Pemotong Material
Article Name
Alat Berat Pemotong Material
Description
Berikut ini beberapa alat berat tercanggih yang mampu memotong benda-benda besar dan keras yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top