10 Macam Alat Bantu Angkat Barang Dengan Teknologi Modern

Pekerjaan mengangkat dan memindahkan barang bisa jadi merupakan pekerjaan paling tua yang dikerjakan manusia. Jika dulu semata-mata hanya mengandalkan tenaga, maka kini ada banyak alat bantu angkat barang yang bisa membantu manusia. Penggunaan alat bantu angkat barang sudah tidak asing lagi di dunia perindustrian dan konstruksi. Peralatan tersebut sangat dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan operasional. Selain itu, penggunaan peralatan untuk mengangkat barang-barang juga dapat menghemat waktu kerja.

Kehadiran alat-alat yang memudahkan pekerjaan manusia ini otomatis mengurangi penggunaan tenaga manusia. Beberapa sumber daya manusia hanya dibutuhkan untuk mengoperasikan dan mengawasi penggunaan alat-alat tersebut. Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada begitu banyak pilihan alat-alat bantu angkat barang yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa contoh alat bantu angkat modern.

  1. Crane Crawler

Alat bantu angkat barang yang satu ini umumnya dipakai di proyek-proyek pembangunan. Crane crawler memiliki jangkauan yang tidak terlalu panjang tetapi bagian atasnya bisa bergerak 3600. Kemampuan inilah yang membuat crane crawler bisa bergerak dengan leluasa di dalam area suatu proyek. Alat untuk mengangkat material-material berat ini mampu mengangkut beban 40 ton hingga 3.500 ton. Crane crawler bisa dipindahkan dengan cara dibongkar lalu diangkut dengan menggunakan truk atau kapal ke lokasi-lokasi baru.

  1. Tower Crane

Berbeda dengan alat angkat barang sebelumnya, alat bantu yang satu ini mempunyai kemampuan mengangkat material secara vertikal dan horizontal ke lokasi tujuan yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas. Tower crane umumnya dipakai dalam proyek-proyek pembangunan gedung bertingkat dan juga jembatan. Alat angkat barang ini digunakan untuk memindahkan material bangunan dari bawah ke atas dan sebaliknya. Dalam penggunaannya perlu diperhatikan kekuatan angin, ayunan beban, kecepatan pemindahan beban dan pengereman mesin yang akan menentukan kapasitas tower crane.

Dalam sebuah proyek pembangunan, penempatan dan pemakaian alat angkut ini haruslah diperhitungkan dengan matang agar penggunaannya maksimal. Proyek-proyek pembangunan yang berskala besar, biasanya menggunakan lebih dari satu tower crane. Alat ini tak hanya memudahkan memindahkan material tetapi juga mempercepat pekerjaan.

  1. Hoist Crane

Alat bantu angkat barang ini umumnya tidak digunakan pada proyek-proyek konstruksi melainkan dipasang di pabrik-pabrik, gudang ataupun bengkel.  Berbeda dengan alat-alat angkat barang di tempat terbuka, hoist crane dipasang di dalam ruangan, tepatnya di atas dekat dengan atap.

Alat angkat barang ini memiliki perlintasan rel yang dirancang sedemikian rupa dan dilengkapi dengan roda sehingga bisa bergerak maju atau mundur dalam proses pemindahan barang. Hoist crane juga dilengkapi dengan motor listrik yang berfungsi sebagai penggeraknya. Ada pula tali kawat baja sebagai komponen untuk mengangkat beban. Tak hanya mampu memindahkan barang-barang yang ringan saja, alat angkat barang ini juga bisa dipakai untuk memindahkan barang-barang yang berat.

  1. Forklift

Angkutan multimoda ini tak hanya berfungsi untuk membantu mengangkat barang saja tetapi juga memindahkannya ke lokasi yang berjarak dekat ataupun jauh. Gudang-gudang industri dan perusahaan-perusahaan logistik pada umumnya menggunakan alat bantu angkat yang satu ini. Forklift memakai mesin diesel sebagai penggeraknya. Alat ini mampu mengangkat dan memindahkan beban sekitar 2.5 ton sampai dengan 15 ton. Jenis-jenis forklift yang tersedia di pasaran saat ini sangat beragam antara lain forklift reach truck, forklift electric, forklift diesel, dan forklift gasoline.

Selain forklift yang menggunakan mesin, terdapat juga hand forklift (stacker) yang menggunakan pompa hidrolis. Untuk memindahkan hand forklift atau stacker ke tempat lain ada yang menggunakan tenaga manusia (didorong) atau menggunakan motor (dinaiki dan disetir).

  1. Aerial Crane

Alat bantu angkat yang satu ini dipasangkan pada helikopter dan secara khusus dipakai untuk mengangkat beban yang sangat berat. Aerial crane menjadi solusi saat alat bantu angkat lainnya tidak mungkin digunakan atau dibawa ke suatu lokasi. Biasanya alat angkat ini digunakan pada program-program menanggulangan bencana dan untuk menyalurkan bantuan ke suatu daerah yang terisolasi.

  1. Mobile Crane / Truck Crane

Alat angkat barang ini terpasang pada mobil ataupun truk sehingga mudah berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Kendaraan yang sudah dilengkapi dengan alat angkat di bagian atasnya ini memiliki tiang yang berfungsi sebagai kaki untuk menjaganya agar tetap seimbang saat mengangkat beban yang berat. Tak hanya itu saja, alat ini juga memiliki kemampuan berputar 3600 sehingga semakin efektif untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

  1. All Terrain Crane

Seperti namanya, alat bantu angkat barang ini dirancang dengan beragam fungsi atau multi fungsi. Selain memiliki kemampuan mengangkat barang, All terrain crane ini tak hanya bisa melewati jalan-jalan yang halus saja tetapi juga bisa menembus jalan yang sulit, kasar dan berbatu (Off road). Dengan rancangan yang kuat dan modern, alat bantu angkat ini cocok dipakai untuk proyek-proyek pembangunan di daerah-daerah yang belum pernah dijangkau.

Alat bantu angkat barang tidak hanya tersedia untuk barang super berat atau medan yang sulit. Banyak juga alat-alat bantu angkat untuk medan yang rata dan berang-barang dengan berat puluhan kilogram, antara lain:

  1. Hand Pallet

Bentuknya seperti dongkrak mobil yang sering kita jumpai di bengkel-bengkel. Prinsip kerjanya pun sama yaitu menggunakan pompa hidrolis. Fungsi pemindahan barang lebih diutamakan pada hand pallet oleh karena itu tinggi angkatnya hanya puluhan sentimeter.

  1. Drum Porter

Fungsi dan cara kerjanya mirip dengan hand pallet namun digunakan khusus untuk memindahkan drum. Alat ini memiliki penjepit yang dapat dikaitkan pada bibir drum sehingga mempermudah pemindahan drum. Seperti halnya hand pallet, drum porter hanya mengutamakan fungsi pemindahan drum dan tidak dapat digunakan untuk memiringkan/menuang isi drum.

  1. Drum Lifter

Bila Anda memerlukan pemindah dan penuang isi drum, alat inilah yang Anda cari. Dilengkapi dengan pengait drum untuk menggigit bibir drum serta tuas untuk memiringkan drum hingga 300 derajat. Terdapat 2 macam tenaga penggerak yang umum untuk drum lifter yaitu pompa hidrolis dan motor elektrik.

Nah, itulah alat-alat bantu angkat yang umum digunakan dalam dunia industri dan konstruksi. Dari sekian banyak pilihan, pastikan Anda memilih alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan. Konsultasikan dengan produsen penyedia alat-alat bantu angkat tersebut agar Anda mendapatkan alat bantu yang tepat.

Summary
Alat Bantu Angkat Modern
Article Name
Alat Bantu Angkat Modern
Description
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada begitu banyak pilihan alat-alat bantu angkat barang yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa contoh alat bantu angkat modern.
Author
Publisher Name
Strong Indonesia
Publisher Logo

Ada pertanyaan/komentar? Tuliskan di sini:

Scroll to Top