10 Ide Lantai Semen

10 Ide Lantai Semen yang Cocok untuk Semua Konsep Ruangan

Konsep bangunan yang belakangan menjadi populer dan banyak diminati adalah konsep industrial dan vintage. Penggunaan lantai semen atau beton ekspose menjadi salah satu ciri khas dari bangunan yang menggunakan konsep tersebut. Dalam artikel ini, ada 10 ide lantai semen yang bisa dijadikan inspirasi.

Dari sisi budgeting, pembuatan lantai semen ini relatif murah. Bahan-bahannya mudah didapat, proses pembuatannya juga cepat. Meski demikian, rasio campuran semen dan pasir yang digunakan harus diperhatikan agar tidak mengurangi kekuatan tekan lantai.

10 Ide Lantai Semen yang Unik dan Inspiratif

Menggunakan semen sebagai finishing untuk membuat lantai ternyata cukup unik dan menarik. Tentunya, lantai semen yang dibuat harus dipoles dan diberikan sentuhan akhir yang estetik. Berikut adalah contoh-contoh dari lantai semen yang inspiratif dan bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Lantai Semen Polos Minimalis

Lantai semen polos minimalis
Salah satu ide desain lantai semen minimalis yang banyak disukai

Contoh ide lantai semen yang pertama adalah lantai semen yang diakhiri dengan polesan agar tampak mengkilap dan lebih terlihat mewah. Ide ini bisa diterapkan bagi orang-orang yang menyukai gaya minimalis dan sederhana.

Proses pemolesan lantai semen ini dilakukan dengan menggunakan bahan polimer khusus yang diaplikasikan menggunakan mesin poles. Hal ini lebih baik jika dilakukan secara manual untuk membuat polesan akhir menjadi lebih merata dan halus.

Lantai semen yang dipoles ini selain tampak estetik juga ternyata memberikan dampak positif yakni tidak mudah kotor, berdebu dan membuatnya lebih tahan lama.

2. Lantai Semen Asimetris

Lantai semen asimetris
Corak asimetris memberi kemungkinan desain tak terbatas

Masih berkonsep lantai semen polos, selain dipoles, agar tampak menarik lantai semen juga bisa dibentuk dengan bentuk random atau asimetris. Ini membuatnya lebih estetik dan memiliki keunikannya tersendiri. Desainer pun bisa menentukan sendiri bentuk apa yang ingin dibuat di lantai semen tersebut.

Contoh bentuk-bentuk asimetris yang menarik adalah susunan geometri dengan ukuran yang tidak beraturan atau zigzag dan pola-pola tertentu. Bentuk yang akan dibuat juga bisa disesuaikan dengan luas ruangan yang digunakan.

Lantai semen sangat identik dengan suasana yang natural dan terkesan apa adanya. Hal ini bisa juga dilakukan dengan membuat aksen retakan pada lantai semen yang digunakan untuk menambahkan kesan-kesan tersebut.

3. Lantai Semen dengan Coating Putih

Lantai semen coating putih
Coating putih pada lantai semen memberikan kesan terang dan bersih

Selain memoles lantai semen dengan coating bening, memilih coating berwarna putih juga dapat membuat lantai terlihat lebih menarik dan bersih. Ini akan membuat lantai semen terlihat berbeda dari lantai semen yang polosan.

Ide lantai semen dengan coating putih ini akan membuat lantai lebih tampak modern, memberikan kesan luas dan terlihat futuristik. Lantai semen coating putih ini cocok jika digunakan di dalam bangunan yang memiliki konsep vintage-minimalis atau minimalis-modern.

4. Lantai Semen dengan Pola Geometri

Lantai semen geometri
Berikan corak geometri pada lantai semen untuk memberikan kesan teratur

Membuat pola geometri pada lantai semen polos juga merupakan salah satu ide yang mudah untuk diaplikasikan. Caranya adalah dengan menentukan pola geometri yang akan dipasang pada lantai semen dan membuat cetakannya.

Besar kecilnya pola geometri yang akan dicetak tergantung dari keinginan masing-masing, bentuknya pun dapat menyesuaikan selera. Agar terlihat lebih unik, pengecoran lantai bisa dilakukan secara bertahap dan tidak mesti dengan tingkat kerataan yang sama.

5. Lantai Semen Pola Dekoratif

Ide lantai semen dekoratif
Lantai semen dapat menjadi kanvas untuk menonjolkan kreativitas

Ide lantai semen dengan pola dekoratif juga bisa menjadi inspirasi yang cukup unik dan estetik. Untuk menghindari kesan monoton dan polos, penggunaan motif yang dekoratif bisa dilakukan pada saat finishing.

Dekorasi lantai semen yang dibuat bisa menyesuaikan dengan keinginan dan bisa dibuat menggunakan cetakan khusus. Penempatan ornamen dekorasi tersebut juga bisa menyesuaikan dengan keinginan. Misalnya di bagian tengah lantai atau hanya di sudut-sudut tertentu.

6. Lantai Semen Dekoratif dan Geometri

Kombinasi antara style lantai semen dan dekoratif juga bisa menjadi alternatif finishing lantai semen agar tidak tampak polos dan membosankan. Pilihan bentuk geometri yang beragam bisa diselang-seling dengan dekorasi lantai sesuai selera.

Mengombinasikan lantai semen dengan pola geometri dengan lantai semen yang didekorasi akan membuat ruangan tampak apik dan lebih artistik. Dengan desain yang menawan, lantai semen pun akan terlihat memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

7. Kombinasi Lantai Semen dan Keramik

Ide lantai semen dipadu keramik

Masih ada lagi ide lantai semen yang cocok untuk dijadikan inspirasi, yakni kombinasi lantai semen dengan keramik. Ruangan yang cocok menggunakan ide ini contohnya seperti ruangan yang dikonsep vintage-retro.

Coating pada proses finishing dibutuhkan agar lantai semen tetap terjaga kualitasnya. Adapun dekorasi yang ingin ditambahkan pada lantai semen bisa menggunakan jasa desainer ataupun seniman yang memang ahli di bidang tersebut.

Gunakan pencahayaan yang secukupnya agar kesan natural yang ditumbulkan semakin kuat. Ruangan dengan konsep lantai semen ini memberikan nuansa yang hangat dan juga kasual. Sehingga cocok untuk semua kalangan.

8. Kombinasi Lantai Semen dan Cat

Paduan lantai semen dan cat

Cat dapat memberikan karakter yang lebih kuat dan juga unik jika dikombinasikan dengan lantai semen yang digunakan. Cat yang ditambahkan sebagai finishing dapat dibuat polosan, bisa juga menambahkan pola maupun gambar tertentu.

Cat yang digunakan pun harus merupakan cat khusus yang dipulas menggunakan mesin stensil. Dengan menggunakan mesin tersebut, hasil akhir dari kombinasi lantai semen dengan cat ini akan terlihat lebih halus dan rapi.

9. Kombinasi Lantai Semen dan Parket Kayu

Paduan lantai semen dan parket kayu
Gunakan parket kayu agar lantai semen tidak terasa dingin

Lantai semen polos akan meninggalkan sensasi dingin meskipun sudah dicoating menggunakan bahan khusus ataupun cat. Untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat, lantai semen bisa dikombinasikan dengan parket kayu.

Parket kayu yang natural dapat membuat ruangan dengan lantai semen terlihat lebih classy dan memberikan kesan hangat. Tambahan lantai kayu juga dapat mencairkan suasana dibandingkan dengan lantai semen polos yang terkesan kaku.

Kombinasi dengan gaya japandi yang menggunakan dekorasi natural seperti wooden decoration cocok dipadupadankan dengan konsep lantai semen seperti ini. Beberapa ruangan yang bisa dibuat dengan konsep seperti ini adalah dapur atau ruang makan.

10. Lantai Semen Benuansa Gelap

Lantai semen nuansa gelap

Membuat nuansa ruangan yang klasik dan elegan juga bisa dilakukan dengan menggelapkan lantai semen yang digunakan. Ide lantai semen semacam ini biasa diterapkan pada ruangan yang berkonsep industrial atau klasik.

Untuk menghitamkan lantai semen, proses pertama yang perlu dilakukan adalah memperlambat proses pengeringan dengan membuat lantai menjadi lebih lembab. Caranya dapat dilakukan dengan penyemprotan air.

Warna gelap seperti hitam atau abu-abu yang diinginkan dapat dibuat dengan cara menambahkan pewarna pigmen yakni warna monokromatik hitam. Ruangan-ruangan yang bisa diaplikasikan untuk konsep lantau bernuansa gelap ini seperti ruang kerja, kantor atau ruang keluarga.

Menambahkan finishing coating juga dapat menambahkan kesan mewah dan elegan pada ruangan tersebut. Sehingga, meski hanya menggunakan semen, ruangan bisa tetap terlihat modern dan futuristik.

Ide lantai semen di atas adalah sebagian kecil dari inspirasi kreatif lantai semen yang membuat penampilan ruangan tampak lebih menarik dan estetik. Ide-ide tersebut pun dapat diaplikasikan ke berbagai ruangan baik itu untuk penggunaan pribadi maupun usaha.

Silakan bertanya atau menyumbang pemikiran

Scroll to Top